• Tugas 3 : Manajemen Jaringan dan Server

    Nama : Dw Gde Eka Krisna Adinatha
    NIM : 1519551016
    Kelas : Paralel


    Tugas 3 : Manajemen Jaringan dan Server



    Wireshark
    Pengertian
    Wireshark merupakan Network Protocol Analyzer, juga termasuk salat satu network analysis tool atau packet sniffer. Wireshark mengizinkan pengguna mengamati data dari jaringan yg sedang beroperasi atau dari data yg ada di disk, dan langsung melihat / mensortir data yg tertangkap, mulai dari informasi singkat dan rincian bagi masing-masing paket termasuk juga full header & porsi data, sanggup diperoleh.
    Wireshark merupakan sebuah software sniffer freeware yang dapat didownload dengan mudah di www.wireshark.org. Walaupun termasuk kategori software gratis, software yang sebelumnya dinamakan Ethereal memiliki banyak fitur powerful yang tidak kalah dengan software sejenis. Program sniffer adalah program yang dapat digunakan apabila kita ingin ‘mengintip/mengendus/sniff’ sebuah jaringan, baik Ethernet maupun non-ethernet. Hanya saja, sehari-hari rasanya kita lebih sering berkutat dengan jaringan Ethernet.
    Berikut merupakan tutorial menggunakan wireshark pada Ubuntu :
    1. Download Wireshark secara gratis melewati Ubuntu Software Center.
    2. Setelah download, cobalah untuk menjalankan Wireshark.
    3. Pilihlah jaringan yang akan dipantau (capture) dibawah "Start". Kali ini saya memilih "wlan0" untuk dipantau (capture).
    4. Maka hasil pemantauan akan tampak seperti berikut :
    Terdapat banyak IP address disana. IP Address tersebut merupakan jaringan - jaringan yang terhubung dengan komputer anda pada saat Wireshark melakukan pemantauan jaringan.


    EtherApe

    Pengertian

                Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Cari Blog Ini

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Blogger templates

    About

    Blogger news

    Mengenai Saya

    moto hidup : HIDUP SEPERTI LARRY

    Blogroll