• Network Centric Principles #6





    Dosen:
    I Putu Agus Eka Pratama, ST. MT.


    Universitas Udayana
    Fakultas Teknik
    Teknologi Informasi
    Network Centric Principles (TIJ036308)
    Nama : Dw Gde Eka Krisna Adinatha
    NIM : 1519551016



    Information Centric Network (ICN)

    Information-centric networking (ICN) merupakan pendekatan untuk mengevolusikan infrastruktur Internet dari paradigma host-sentris berdasarkan konektivitas abadi dan prinsip end-to-end, ke arsitektur jaringan di mana titik fokusnya adalah "informasi bernama" ( atau konten atau data). Dalam paradigma ini, konektivitas mungkin terputus-putus, end-host dan penyimpanan di-jaringan dapat dikapitalisasi secara transparan. Data menjadi independen dari lokasi, aplikasi, penyimpanan, dan sarana transportasi, memungkinkan caching dan replikasi dalam jaringan. Manfaat yang diharapkan adalah peningkatan efisiensi, skalabilitas yang lebih baik sehubungan dengan permintaan informasi atau bandwidth dan ketahanan yang lebih baik dalam skenario komunikasi yang menantang.

    Information-centric networking (ICN) merupakan suatu solusi yang sangat baik dalam suatu jaringan internet karena jaringan internet di era globalisasi ini begitu banyak konten, data, dan informasi yang terdapat di berbagai layanan yang tersedia dengan Information-centric networking (ICN) dapat menjadikak sistem menjadi lebih baik atau menjadi lebih handal (reliable) dan mengefisienkan suatu sistem.


    Dalam suatu sistem yang terpecaya dan tidak terpecaya suatu pengguna menginginkan suatu data dan informasi dalam suatu jaringan internet, seharusnya pengguna mendapatkan data, informasi dan konten yang diiinginkannya terpecaya dari suatu penyedia layanan yang terpecaya. Keterpecayaan suatu penyedia layanan sangan berkaitan dengan keamanan, privasi, dan kenyamanan dari pengguna.
    Mendapatkan kenyamanan, keamanan dan privasu dalam suatu jaringan internet harus di dukung oleh penaman DNS yang terpercaya dan Internet Service Provider, koneksi internet, keamanan jaringan di dalam jaringan seperti firewall, cloud, IDS. ICN harus sesuai dengan kinerja dalam semua node di dalam network atau jaringan memiliki keamanan dan otentikasi (server, client, node), penyedia layanan dan konten, data, informasi yang terpecaya, topologi jaringan yang baik dalam pengembangan suatu layanan dan penamaan yang baik. Desain ICN oleh NetInf.






    [1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Centric Principles  Pertemuan6". 2018.





  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Cari Blog Ini

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Blogger templates

    About

    Blogger news

    Mengenai Saya

    moto hidup : HIDUP SEPERTI LARRY

    Blogroll