• Network Centric Principle #2

    Dosen:

    I Putu Agus Eka Pratama, ST. MT.


    Universitas Udayana
    Fakultas Teknik
    Teknologi Informasi


    Mata Kuliah : Network Centric Principles (TIJ036308)

    Nama : Dw Gde Eka Krisna Adinatha

    NIM : 1519551016

    Rangkuman Matakuliah Pertemuan ke-2

    Information Enterprise

    Information Enterprise pada abad ke-21 ini dimanfaatkan secara maksimal dikarenakan pada abad ke-21 data yang di olah dalam bentuk softcopy sangat banyak, data ini bukan hanya dimuat dalam media offline namun dalam media online sama banyak dan besarnya, perkembangan teknologi yang sangat pesat juga menjadikan banyaknya data yang dihasilkan dari teknologi tersebut. Information Enterprise juga berhubungan dengan Information Business, dalam hal ini dunia bisnis sangat identik dengan perusahaan dan pada perusahaan banyak data yang di proses menjadi informasi, untuk perusahaan itu sendiri maupun khalayak publik.

    Bagian dari Information Business

    1. Konten Informasi
        Pada Konten Informasi bagian Information Enterprise yang dititik beratkan adalah pengumpulan informasi hingga menjadi konten yang dapat di proses kembali atau sudah siap di konsumsi, selain itu Konten Informasi juga berisi keterampilan programing skill untuk menjadikan informasi tersebut konten yang sudah di paparkan di atas

    2. Alat Informasi
        Pada Alat Informasi bagian Information Enterprise yang dititik beratkan adalah strategi pengambilan informasi, kesadaran masyarakat akan informasi tersebut, skala yang mencakup informasi,  kemampuan dari suatu system untuk dikembangkan/diperluas dan informasi mengenai kemudahan dalam menggunakan suatu system.

    3. Transportasi Informasi
        Merupakan suatu informasi yang membahas mengenai pengangkutan sebuah informasi yang nantinya akan digunakan, dimana inti kompetensi dari information transport yaitu seperti pengelolaan dalam jaringan, berkomunikasi satu dengan lainnya, tagihan atau pengeluaran dari sebuah system yang dibuat, dan platform dari infrasturtur teknologi informasi yang akan dibangun.

    Elemen dari IE (Information Enterprise)

    Terdapat 3 buah elemen didalam pembentukan sebuah Information Enterprise yaitu sebagai berikut.

    Information Processing
    Merupakan suatu proses dalam memberikan sebuah informasi seperti mebuat/menulis sebuah informasi, melakukan pembaruhan sebuah informasi dan melakukan pengahapusan sebuah informasi baik itu konten dan yang lainnya yang terdapat dalam pemberian sebuah informasi.

    Office Technology
    Merupakan sebuah elemen atau teknologi yang nantinya akan digunakan dalam membantu dalam pengelolahan data menjadi sebuah informasi dan melakukan manajemen informasi, elemen atau teknologi tersebut seperti system operasi, aplikasi, system dan lainnya yang mendukung dalam membuat sebuah informasi.

    Telecommunication
    Merupakan sebuah elemen yang nantinya akan digunakan dalam membantu untuk mendistribusinya sebuah informasi, elemen atau teknologi tersebut seperti jaringan internet, akses internet dan yang lainnya.



    Interoperability

    Secara umum Interoperability merupakan sebuah kemampuan dari dua buah system/unit atau lebih untuk saling bekerja sama secara harmonis dan efektif yang dimana dalam kemampuan tersebut sebuah system harus dapat saling melakukan pemberian layanan dan menerima layanan dengan baik. Interoperability dapat dibagi 2 menjadi Technical Interoperability (Kemampuan Teknis) dan Operational Interoperability (Kemampuan dalam bekerja).

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Cari Blog Ini

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Blogger templates

    About

    Blogger news

    Mengenai Saya

    moto hidup : HIDUP SEPERTI LARRY

    Blogroll